Susu Ibu Hamil, Haruskah?

“Saat hamil, seorang ibu memerlukan tambahan asupan kalori, protein, kalsium, zat besi, seng, vitamin B serta vitamin lain dan mineral.”, Elson M. Haas, MD ( Staying Healthy with Nutrition)

Tambahan kalori yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah sekitar 300 kkal/hari. Memang jumlah kalori ini setara dengan dua gelas susu sapi. Namun bisa juga diperoleh dari segelas jus alpukat tanpa gula. (Pilih mana?? ^^)

Susu memang dapat menyuplai kalsium dan vitamin D bagi calon bayi, agar tulang dan giginya terbentuk dengan baik.Tetapi tidak harus mengonsumsi susu yang khusus untuk ibu hamil, ibu juga dapat mengonsumsi susu segar (fresh milk) dan susu pasteurisasi.

Tetapi, bagi yang tidak terbiasa minum susu, bisa jadi mengeluhkan mual, muntah, perut bergemuruh, kembung, diare atau bentuk alergi lain. Ini umumnya terjadi karena ketidakmampuan tubuh menyerap gula susu, yaitu laktosa, lantaran enzim laktase tidak cukup dibentuk. Ibu bisa mencoba produk susu, seperti keju atau yogurt (terdengar lebih lezat.. hehe..).

Untuk asupan susu ini, harap berhati-hati karena menambah asupan kalsium secara semena-mena justru bisa berujung pada kasus osteoporosis. Lho, kok bisa? Agak rumit menjelaskannya, kurang lebih begini. Karena susu bersifat terlalu asam, ketika kalsium yang terdapat di dalam susu masuk ke dalam darah, secara alamiah tubuh akan berusaha mengembalikan situasi “abnormal” ini dengan membuang kalsium dari ginjal, melalui urine. Jadi, asupan yang tadinya diharap menambah kalsium malah terbuang.

Perlu diperhatikan juga mekanisme penyerapan kalsium dalam tubuh yang memerlukan bantuan protein. Susu, memang mengandung kalsium sekaligus protein yang tinggi. Namun, untuk mencerna kalsium, jumlah proteinnya bisa jadi terlalu tinggi sehingga justru menyulitkan proses penyerapan.

Dalam satu penelitian, berat bayi bagi para wanita yang meminum susu selama kehamilan lebih tinggi. Studi tersebut bahkan sempat mencatat bahwa dengan setiap tambahan segelas susu sehari, berat bayi yang baru lahir meningkat 41 gram. Jadi, harap diperhatikan juga ya, tentunya para ibu tidak menginginkan bayi yang terlalu besar sehingga menyulitkan saat persalinan.

Agar melalui masa kehamilan dengan sehat, ibu wajib cukup nutrisi. Jangan sampai merasa bersalah hamil tanpa minum susu, karena yang diperlukan oleh ibu hamil adalah nutrisi yang cukup dan seimbang. Gizi yang baik identik dengan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serta mineral yang baik. Beberapa zat nutrisi esensial yang diperlukan ibu hamil terutama kalsium, asam folat, zat besi, dan seng, juga bisa dipenuhi dari makanan sehari-hari.

Misal, kacang-kacangan juga mengandung kalsium, bahkan kalsium dalam tumbuhan lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Juga ikan teri, sarden, salmon, kerang. Baca juga tulisan Tahu Si Kaya Nutrisi tentang tingginya kalsium dalam tahu. Asam folat terdapat pada brokoli, alpukat, bayam, kangkung dan sayuran berdaun hijau lainnya. kebutuhan zat besi dapat dipenuhi dari telur, ayam, salmon, jamur, bayam, aneka jenis kacang dan biji-bijian.

Tidak dipungkiri lagi, kehamilan merupakan peristiwa yang sangat berharga. Saat yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Saat dimana kandungan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu akan menentukan tercukupinya kebutuhan pertumbuhan si janin. Jika ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya saat kehamilan, hanya dari makanannya, maka suplemen tidak dibutuhkan.

Pada dasarnya, produk susu ibu hamil adalah baik untuk dikonsumsi, namun bukanlah suatu keharusan. Susu tersebut berfungsi sebagai pelengkap nutrisi bagi ibu hamil. Jika tidak minum susu, tapi kebutuhan nutrisinya tercukupi, insyaAllah kehamilannya pun akan lancar dan bayi yang dilahirkan sehat.

Jadi para ibu, ayo sejak dini memperkenalkan kepada janin kita untuk cinta makanan halal dan sehat dengan nutrisi cukup dan seimbang… Semoga kehamilan ibu menyenangkan ^^

Bahan bacaan :
http://www.nirmalamagazine.com/articles/view/274
http://www.lucianasutanto.com/index.php?option=com_content&task=view&id=55&Itemid=53
http://www.rumahbunda.com/pregnancy/pentingnya-minum-susu-bagi-ibu-hamil/
http://female.kompas.com/read/2011/03/09/15230749/Ibu.Hamil.Tak.Perlu.Minum.Susu.Khusus.Hamil.
http://www.mommeworld.com/post/view/1270/perlukah-ibu-hamil-minum-susu/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: