Lambung Bayi Itu Kecil…

Ukuran lambung bayi baru lahir itu kurang lebih sebesar kelereng. Tau kan kelereng…. Kecil banget…. Kapasitasnya? HANYA 5-7 mililiter!!!

Dengan ukuran demikian, kalau diisi dengan satu sendok teh cairan saja, penuhlah sudah! Kenyanglah si bayi. Kalau begitu, cairan apa yang walaupun sedikit tapi yang terbaik yang memenuhi segala kebutuhan si bayi? KOLOSTRUM!!! Tetesan-tetesan pertama ASI keluar sampai dengan hari ke5 atau ke 7 yang berupa kolostrum, cukuplah memenuhi kebutuhan si bayi.
Apakah kolostrum itu? Kolostrum adalah cairan pra-susu yang dihasilkan oleh induk mamalia (termasuk manusia) dalam 24-36 jam pertama setelah melahirkan. Kolostrum berwarna kekuningan dan kental, zat penting bagi bayi karena mengandung banyak gizi dan zat-zat pertahanan tubuh.
Kolostrum mengandung banyak karbohidrat, protein, antibodi dan sedikit lemak. Kolostrum juga mengandung meconium, zat yamg mempermudah bayi buang air besar pertama kali. Hal ini membersihkannya dari bilirubin yaitu sel darah merah yang mati yang diproduksi ketika kelahiran.
Allah begitu sempurna mengatur hidup manusia. Produksi kolostrum seorang ibu pada saat setelah melahirkan sekitar 36,23 ml per hari dan sekitar 6,86 ml sekali menyusui. Sangatlah sesuai dengan kapasitas perut bayi baru lahir. Maka, cukuplah kebutuhan bayi terpenuhi dengan zat-zat yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhannya dan daya tahannya serta sangat aman bagi lambungnya.

Memberikan ASI berarti kita memberikan hak bayi yang telah Allah ciptakan untuknya.

Sumber bacaan:
Materi Kelas EdukASI AIMI. Palembang, Februari 2012
http://promosigizi.blogspot.com/2010/12/ternyata-ukuran-lambung-bayi-baru-lahir.html
http://lifestyle.okezone.com/read/2011/08/05/195/488715/asi-belum-lancar-don-t-worry
http://id.wikipedia.org/wiki/Kolostrum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: