Tahu Si Kaya Nutrisi

Pulang dari rumah mertua dioleh-olehi tahu sekantong kresek dari mertua. Daerah rumah tinggal mertua memang merupakan sentra pengolahan tempe dan tahu. Bahkan mertua adalah ‘pensiunan’ pengusaha tempe.

Jadi, mari cari tahu tentang tahu. Makanan terbuat dari kedelai ini mudah diolah, murah harganya, kaya nutrisi bermanfaat serta memiliki rasa yang enak. Apa saja kandungan nutrisi dalam tahu? Yuuk dibaca hasil guglingnya…

Tahu adalah makanan yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Tahu adalah kata serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) yang secara harfiah berarti “kedelai yang difermentasi”. (http://id.wikipedia.org/wiki/Tahu)

Teksturnya yang lembut, sangat membantu anak (juga orang tua) yang mengalami kesulitan mengunyah makanan bertekstur keras. Tahu mudah dicerna oleh tubuh karena serat kedelai yang tidak rusak selama proses pembuatannya.

Tahu mengandung banyak unsur kasium. Ketika tahu dibuat, protein kedelai berikatan dengan kalsium, menjadikan tahu sebagai sumber kalsium. Kalsium dalam tahu jumlahnya cukup tinggi, hampir setara dengan kandungan kalsium susu (124mg/100gr tahu).

Tahu juga merupakan sumber zat besi yang baik. Tahu juga mengandung zat tembaga, yang dibutuhkan agar zat besi dapat bekerja baik dalam sel darah merah.

Sebagai hasil olahan kacang kedelai, tahu memiliki kualitas protein nabati terbaik karena mempunyai komposisi asam amino paling lengkap. Kualitasnya hampir sama hebat dengan daging dan susu. Namun tidak seperti kebanyakan sumber protein, tahu memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah dan bebas kolesterol.

Sebuah studi oleh tim medis dari Kanada membuktikan bahwa tahu dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Tahu menurukan tingkan kolesterol ‘jahat’ LDL dan menghasilkan serta memelihara kolesterol baik NDL.

Isoflavon yang terkandung dalam tahu bisa mengurangi resiko osteoporosis karena isoflavon dapat memperkuat kepadatan tulang. Isoflavon menurunkan resiko kanker paru, payudara maupun prostat. Dan… Karena kandungan hidrat aran dan kalori yang rendah, tahu bisa menjadi salah satu menu diet rendah kalori.

 

Ternyata keren si tahu ini…

 

Sumber bacaan :

http://id.wikipedia.org/wiki/Tahu

http://www.facebook.com/pages/Tahu-Isi/243616484935?v=info

http://www.parenting.co.id/article/balita/sejuta.manfaat.tahu.untuk.anak/001/003/183

http://www.anakku.net/tahu-protein-yang-kaya-kalsium/

http://tautauenak.wordpress.com/kandungan-gizi-dan-manfaat-tahu/

1 Response so far »

  1. 1

    […] mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Juga ikan teri, sarden, salmon, kerang. Baca juga tulisan Tahu Si Kaya Nutrisi tentang tingginya kalsium dalam tahu. Asam folat terdapat pada brokoli, alpukat, bayam, kangkung […]


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: