Piijat Bayi

Beberapa hari yang lalu, kami (terdiri dari aq, Afiq, Mak, Ummi Yulfa, Ica, Muhammad, Hanifah, dan Ayuk Yuli) ‘menyerbu’ Klinik Ibnu Sina di Sekip. Tujuannya pijat bayi. Dari itu, saya bermaksud berbagi tentang pijat bayi ini.

Ada 3 kebutuhan pokok bayi, yaitu; kebutuhan nutrisi fisik-biologis yang berguna untuk pertumbuhan otak, sistem sensorik serta motoriknya. Kebutuhan kasih sayang untuk kecerdasan emosi, inter dan intrapersonalnya. Serta kebutuhan stimulasi untuk merangsang semua kerja sistem sensorik dan motoriknya.
Ketiga hal tersebut berperan besar dalam mendongkrak kecerdasan mulitpel dan kreativitas anak (dikutip dari dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), MSi. dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, di sini). Salah satu cara memberikan stimulasi ialah dengan pijat bayi yang merupakan stimulasi sentuh.

Manfaat utama pijat bayi :

  • Mengembangkan komunikasi

Sentuhan adalah bentuk komunikasi pertama, sentuhan berarti berbicara. Pijat bayi menggabungkan aspek kedekatan yaitu kontak mata, saling tersenyum dan ekspresi wajah yang lain.

  • Mengurangi stres dan tekanan

Pijatan dapat menenangkan dan menurunkan produksi hormon adrenalin yang selanjutnya akan meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Umumnya daya tahan tubuh bayi meningkatkan 30% setelah dipijat 2 kali selama 15 menit.

  • Mengurangi gangguan sakit

Memijat juga dapat membantu bayi mengusir gejala kembung, kolik serta membantunya tidur lebih nyenyak. Tak hanya itu, pijatan juga memperlancar sirkulasi udara di perut sehingga membantu mengeluarkan gas yang terjebak di sana.

  • Mengurangi nyeri

Pijatan yang lembut membantu tubuh melepaskan oksitosin dan endorfin. Kedua hormon ini dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan yang dirasakan si kecil akibat nyeri tumbuh gigi, hidung tersumbat atau tekanan emosi.
(sumber : http://psikopatenan.co.cc/kesehatan-anak/pijat-bayi/#more-7)

Usia tepat untuk melakukan pijat bayi pada 6-7 bulan pertama usia bayi. Waktu yang paling baik adalah pagi hari saat orangtua dan bayi siap memulai hari, dan malam hari untuk membantu bayi tidur lebih nyenyak. Mulailah dari kedua kaki agar bayi tidak merasa kaget. Memakai minyak tradisional dapat memberi manfaat bagi bayi saat dipijat ataupun setelahnya. Bagi kami, biasanya menggunakan Minyak But But yang merupakan produk HPA Industries.
Yang harus diperhatikan, jangan langsung memijat bayi usai ia makan/disusui atau mengantuk, jangan pula membangunkan bayi hanya untuk dipijat, tidak dianjurkan memijat bayi saat tidak begitu sehat, dan memaksakan posisi tertentu ketika memijat.

Tentu saja pijat bayi ini bisa dilakukan sendiri oleh sang ibu sehari-hari. Tetapi sesekali kami membawa balita kami ke klinik Ibnu Sina ini agar dilakukan oleh ahlinya. Hal penting yang harus diingat, dalam praktek sehari-hari hal ini merupakan bagian dari parenting, bukan pengobatan.

1 Response so far »

  1. 1

    alrisblog said,

    Nice info. Mumpung masih punya balita nih, jadi nambah ilmu. Salam


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: